Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Penyebab Utama Haid Tidak Teratur
Banyak wanita memiliki masalah dengan siklus menstruasinya. Jika dibiarkan dan tidak dilakukan pemeriksaan, bisa jadi ini justru akan membahayakan kesehatan Anda. Mengetahui penyebab tidak teraturnya siklus haid Anda akan membantu penanganan.

Siklus normal dari menstruasi berkisar antara 21-35 hari. Setiap wanita memiliki panjang siklus yang berbeda, bisa 1-2 hari setiap bulannya. Meskipun siklus haid yang tidak teratur dianggap umum, namun jika muncul gejala berupa siklus yang berubah, dari panjangnya pada setiap bulan, pendarahan hebat, tidak haid, sampai muncul rasa sakit hebat saat ovulasi, Anda patut waspada, demikian seperti yang dikutip dari buku Bayi Tabung, Mempersiapkan Kehamilan, karya dr. Ivan R. Sini, terbitan Gramedia.

Inilah Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Haid yang tidak teratur bisa di sebabkan oleh beberapa faktor. Lingkungan yang stres, penuh tekanan, konsumsi kafein atau adanya penggunaan obat-obatan tertentu yang bisa berefek pada siklus menstruasi Anda. Fluktuasi pada periode haid menjadi indikator terganggunya hormon yang mengatur menstruasi.

Penurunan lemak atau diet berlebih juga bisa mempengaruhi kesehatan seksual Anda. Perlu diketahui, penurunan lemak tubuh hingga 15 persen dapat mengurangi hormon wanita yang mengatur siklus haid. Konsultasikan dengan dokter Anda, jika siklus haid Anda tidak sehat untuk mendapatkan penanganan segera.

Artikel Terkait:: -

Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

0 Response to "Penyebab Utama Haid Tidak Teratur"

Poskan Komentar